Thursday, April 28, 2011

Gue-Elo Versus Aku-Kamu

Sekedar mengingat tentang obrolan berat ringan antara gue dan Dzikry Purnama Dua Belas tentang pemakaian kata "Gue-Lo" END! dan "Aku-Kamu", gue jadi kepikiran sampe sekarang. Kenapa? Eh jangan kenapa dulu deh. Simak dialog kita berikut ini terlebih dahulu:

Situasi: Dalam perjalanan pulang dari Metro, di mobil si Iik. Pemeran; Gue, Iik, Adit Aw, Echi, Meli. Kebetulan si Wida udah pulang (dan ga penting juga diceritain).
Ayin cantik: : "Iya.. bla, bla, bla... gue bla, bla, bla..." << Lupa apa obrolannya. Dodol!!
Meli            : "He eh. Gue juga da..." << Masih lupa nih apa jawabannya. Dodol!!
(Tiba-tiba Iik nimbrung padahala lagi nyetir mobil, ya terus kenapa? Suka-suka dia kali)
Iik               : "Ya ampun. Please deh, GUE-ELO-ENDHHH!"
Meli&Ayin  : "Naon, Ik??"
Iik               : "Abis. Manggilnya gitu banget deh kalian. Pake nama aja sih. Gausah ggueeh-eloowwhh gitu," (masih sambil nyetir, ya iyalah lo pikir sambil kayang)
Ayin            : "Masalahnya gini, Ik. Kita pake Gue-Elo tuh bukan karena merasa diri kita gaul ya (emang kita cantik sih). Tapi, kita punya persepsi yang sama kalo kita pake Aku-Kamu, bakal ngerasa kayak kurang kenal aja. Ya alasan utama sih, kalo mau ngejekin jadi aneh."
Meli            : "Idem, Ik. Kalo ngejekin sesama sih emang enak pake Gue-Elo. Dan nyaman aja makenya. Mengurangi jarak gitu deh."
Iik               : "Coba deh kalo kalian pake nama aja manggilnya. Sok cobain geura Yin."
Ayin            : *ambil suara* "Ehm.. Abis ini kita mau kemana? AYIN mau--"
Semua         : "ATUHLAH YIN, GA PANTES!"
Ayin            : "Tuh kan, Ik."
Meli            : "Gue pernah baca di majalah Trubus (something) kalo penggunaan nama saat lagi ngobrol sama temen itu menandakan kalo kita masih kebawa masa manja-manjanya pas remaja.  Sebagai identitas juga, sih."
Ayin            : "Nah iya, gitu Ik. Kalo gue sih ya, ngerasa jadi kayak anak manja aja saat gue bilang, Ayin mau ini, bla, bla.."

Sebentar, peran yang laen di dialog ini kok cuma diem aja? Sebenernya mereka ngasih komen-komen gitu deh, tapi cuma "Idem" aja. Jadi ya gausah gue tulis kali ya.

Nah, jadi gini. Menurut pemikiran gue (bagian otak yang belum terkontaminasi hal-hal yang geje dan ga beres), bahasa itu bukan sebagai alat transportasi komunikasi aja. Secara pragmatik, bahasa itu semacam Unserstanding many meanings. Emang, sebagian orang yang ga terlalu bersahabat dengan lingkungan yang menggunakan Gue-Elo akan susah terima kalo itu tuh bahasa pergalauan pergaulan yang sah-sah aja dipake sama semua orang (asal digunakan secara kontekstual ya). Sebenernya kan bahasa (yang dibilang orang bahasa gaul) itu berasal dari Betawi yang kalo ngomong kesannya ceplas-ceplos. Dari bahasa daerah kan? (cuma udah sedikit mengalami modifikasi).

Gue tau pernah ada sedikit "gunjingan" kecil yang sebenernya ga penting masalah penggunaan Gue-Elo di kampus. Sebuah gumpalan kumpulan anak-anak di kampus, tepatnya di jurusan gue, terdengar menggunakan Gue-Elo di sekitarnya. Mau tau apa yang terjadi? *backsound horror* Yang terjadi adalah...*masih backsound horror* Yang terjadi, yaaa gitu deh! *horror gagal*. Yak, orang-orang sekitar (yang SOK TAU) dan beberapa senior senaaaaang sekali melempar cilok protes.
"Ih, sok gaul pisan yah. Make Gue-Elo gitu. Meuni geuleuh,"
"Please deh book, 2011 pake Gue-Elo?" << kayanya ini lebih gaul deh cyynn...

Yang lebih penting lagi, gue sekarang pake Gue-Elo sama temen-temen kampus, karena gue ga ngerti bahasa Sunda, man! Belajar juga sih, paling gue ngerti orang yang ngomong aja. Kalo buat make sehari-hari mending engga deh, daripada ketauan begonya. Dan temen-temen kampus gue yang sesama orang Sunda ya pake bahasa Sunda. Gue juga pake bahasa Inggris Melayu-Bangka sama temen-temen se-daerah gue. Jadi, bukan berarti juga kita mengacuhkan bahasa daerah masing-masing kan?
Kalo masalah penggunaan Gue-Elo di blog dodol gue ini, bukannya blog gue mau sok gaul juga. Dosen gue pernah bilang kalo menulis itu seperti menyanyi, kita harus punya karakter yang ga bisa kita jiplak dari orang laen (ini juga kontekstual sih, kalo nulis karya ilmiah sama skripsi sih harus ikut peraturan). Jadi, ya sepertinya gue nemuin gaya penulisan blog yang haseeek gitu deh!<< Sok asik.

Okay, gue rasa cukup untuk postingan hari ini. Intinya, jangan takut bereskpresi. Jangan munafik saat bereskpresi. Dan jangan FAKE saat lo berekspresi!

                                 THANKYOU INDONESIA!!
 
P.S: Malah sekarang, di kampus gue, orang-orang yang mencemooh tentang penggunaan Gue-Elo sekarang telah resmi menggunakan Gue-Elo dalam pergaulannya. 

2 comments:

  1. BIG IDEM! Ini mah masalah kebebasan berekspresi sih. Yang menghujat makan ludah sendiri.

    ReplyDelete
  2. haha. saya asli bandung, kebetulan sekarang kuliah di bogor dan dulu pernah kerja di bekasi. awalnya agak kaku juga ngomong gue elo sama temen-temen kerja dan sekarang temen-temen kuliah. tapi lama-lama karena ngerasa lebih intim dan lebih deket sama temen kalo ngobrol dan ejek-ejekan, akhirnya saya terbiasa, hehe

    tapi kalo nulis di blog saya terbiasa pake "saya" sih. mungkin faktor kenyamanan kali ya, ngerasa ga sreg aja kalo pake "aku" atau "gue" (ada sih beberapa postingan yang pake "gue")

    Tapi kalo bikin fiksi mini ada campuran "gue" sama "aku" sih. haha, masa iya percakapan di fiksi pake saya melulu, ga lucu juga :))

    salam kenal yaaa...blognya kereeenn!!!

    ReplyDelete