Monday, September 6, 2010

Mudik yoookkk :)


 H-4 ? Belom ada persiapan ? Errr .. Sebagian mengira mudik ya mudik ajaaaa . Paling packing barang , cabutt dah . Salah besar ! Kita gatau apa yang akan terjadi di perjalanan nanti ( saya ga bermaksud apa-apa loh ) . Baiklah teman-teman , berikut saya kutip tips buat yang mudik walo sebenarnya saya agal sensitif mendengar kata mudik !! Karena tahun ini saya ga mudik T.T
Here we go ..
 
Transportasi
Untuk mudik tentunya Anda membutuhkan trasportasi. Dalam hal ini yang pertama harus Anda persiapakan adalah memutuskan apakah akan melakukan perjalanan dengan kedaraan pribadi atau kendaraan umum.
Bagi Anda yang memilih melakukan perjalanan dengan kendaraan umum sebaiknya segera memesan tiket jauh-jauh hari, setidaknya dua minggu sebelum hari H, kerena biasanya begitu mendekati Lebaran harga tiket melambung dua kali lipat, apalagi kalau sudah berurusan dengan calo.
Sedang bagi Anda yang memutuskan melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi, lebih bijaksana jika melakukan persiapan total dengan kendaraan yang akan digunakan bersama keluarga. Periksa kondisi keseluruhan kendaraan, mulai dari mesin, rem, ban, kopling, lampu, busi dan yang lainnya, apakah masih layak untuk digunakan untuk melakukan perjalanan jauh.

Siapkan Anggaran
Yang namanya mudik, biasanya membutuhkan dana lebih dari perkiraan. Nah...alangkah lebih baiknya jika Anda mempersiapkan keuangan. Jangan mentang-mentang dapat THR lantas membelanjakan semuanya, belilah yang betul-betul Anda butuhkan, ingat.... karena Lebaran kali ini jatuh di awal bulan, setelah lebaran masih harus menunggu satu bulan lagi terima gaji. Sebaiknya buat daftar kebutuhan Anda, untuk transportasi pulang-pergi, kebutuhan di kampung halaman dan hal-hal lain yang tak terduga, dan pikirkan juga anggaran untuk sebulan ke depan.

Siapkan Bekal Sendiri
Melakukan perjalanan jauh (kecuali dengan pesawat) pastinya Anda juga membutuhkan makan. Untuk penghematan sebaiknya bawa bekal sendiri. Buah-buahan bisa jadi bekal yang bagus untuk perjalanan panjang, selain serat yang mengenyangkan, buah juga menyediakan energi dan sejumlah gizi antioksidan sebagai penangkal kelelahan. Pilihlah buah yang praktis dan tidak repot memakannya.
Anda bisa juga membawa Snack, bahan-bahan sandwich atau burger atau roti tawar dan sejenisnya. Kalau dalam perjalanan Anda terjebak macet, dengan membawa bekal sendiri tak perlu repot mencari warung, selain tentunya juga hemat. Jangan lupa bawa serta obat-obatan sendiri, untuk persiapan di perjalanan.

Siapkan Uang Tunai Secukupnya
Walau Anda memiliki ATM, tapi uang tunai tetap dibutuhkan, tapi sebaiknya bawa uang tunai secukupnya. Untuk menghindari copet, simpan di tempat yang berbeda.

Bawa Peta/Simpen nomor-nomor penting
Merasa ga hafal jalan ? wah jangan andalkan nalar aja . Siapin peta ! seperti kata dora ! tapi jangan sembarang peta ah~ masa mudik ke jawa tapi bawa peta kalimantan ?
Juga jangan lupa menyimpan nomor telepon kantor polisi terdekat , nomor telepon rumah sakit terdekat atau nomor telepon penting lainnya . Kita gatau guys , apa yang akan terjadi di perjalanan ... ( Once again , ga bermaksud apa-apa )

hav a nice MUDIK guyss !

dikutip dari : kapanlagi.com

2 comments: