Saturday, October 2, 2010

Chocolatte-Milk a.k.a Susu Coklat :)

 Kalo lagi dingin, enaknya ngapain ya? Deuh, yang pastinya butuh kehangatan dong. Makanan+minuman hangat akan menambah nyaman badan dan pikiran pada saat cuaca dingin. Wah, apalagi saya yang sekarang tinggal di Bandung. Tiap malem mesti menghangatkan diri euy... Well guys, saya ga bakal ngebahas lebih jauh lagi soal cuaca dan kehangatan (hahaha).

Susu coklat. Ada yang suka? Ah, pasti pada suka yah malah aneh kalo ga suka sama minuman enak yang satu ini. Rasanya yang manis dan agak pahit bikin cozy lah. Apalagi diminum saat cuaca lagi dingin-dinginnya. Sambil nulis ini entri, saya juga lagi menyeruput segelas besar susu coklat hangat loh :)

Ehh.. tapi pada tau ga sejarah coklat sama manfaat susu coklat? Nah bagus kalo gatau, jadi bisa bantu deh :) (bantu-bantu EAAA ;p) Well, here we go!

A. Sejarah Coklat
Coklat dihasilkan dari kakao (Theobroma Cacao) yang pertama kali ditemukan di daerah Amazon Utara sampe Amerika Utara.Dokumentasi paling awal tentang cokelat ditemukan pada penggunaannya di sebuah situs pengolahan cokelat di Puerto Escondido, Honduras sekitar 1100 -1400 tahun SM (beuh udah lama banget kaann si Coklat ini dinikmati orang). 
Residu cokelat yang ditemukan pada tembikar yang digunakan oleh suku Maya kuno di Río Azul, Guatemala Utara, menunjukkan bahwa Suku Maya meminum cokelat di sekitar tahun 400 SM. Peradaban pertama yang mendiami daerah Meso-Amerika itu mengenal pohon “kakawa” yang buahnya dikonsumsi sebagai minuman xocolātl yang berarti minuman pahit. Menurut mereka, minuman ini perlu dikonsumsi setiap hari, entah untuk alasan apa. Namun, tampaknya cokelat juga menjadi simbol kemakmuran. Cara menyajikannya pun tak sembarangan. Dengan memegang wadah cairan ini setinggi dada dan menuangkan ke wadah lain di tanah, penyaji yang ahli dapat membuat busa tebal, bagian yang membuat minuman itu begitu bernilai. Busa ini sebenarnya dihasilkan oleh lemak kokoa (cocoa butter) namun kadang-kadang ditambahkan juga busa tambahan. Orang Meso-Amerika tampaknya memiliki kebiasaan penting minum dan makan bubur yang mengandung cokelat. Biji dari pohon kakao ini sendiri sangat pahit dan harus difermentasi agar rasanya dapat diperolah. Setelah dipanggang dan dibubukkan hasilnya adalah cokelat atau kokoa. Diperkirakan kebiasaan minum cokelat suku Maya dimulai sekitar tahun 450SM-500SM.

Di awal abad ke-17, cokelat menjadi minuman penyegar yang digemari di istana Spanyol. Sepanjang abad itu, cokelat menyebar di antara kaum elit Eropa, kemudian lewat proses yang demokratis harganya menjadi cukup murah, dan pada akhir abad itu menjadi minuman yang dinikmati oleh kelas pedagang. Kira-kira 100 tahun setelah kedatangannya di Eropa, begitu terkenalnya cokelat di London,, sampai didirikan “rumah cokelat” untuk menyimpan persediaan cokelat, dimulai di rumah-rumah kopi. Rumah cokelat pertama dibuka pada 1657.
Di tahun 1689 seorang dokter dan kolektor bernama Hans Sloane, mengembangkan sejenis minuman susu cokelat di Jamaika dan awalnya diminum oleh suku apothekari, namun minuman ini kemudian dijual oleh Cadburry bersaudara.
(sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Cokelat)

Nah guys, ternyata sejarah coklat tuh banyak versinya ya. Dan itu menyebar di berbagai belahan dunia. Jadi minuman enak yang satu ini terkenal banget loh! Yang ga suka coklat atau minum susu coklat rugi loh karena ternyata susu coklat itu banyak keuntungannya bagi kesehatan kita. Ga percaya? Here we are!!

B. Manfaat Susu Coklat Bagi Kesehatan Tubuh :
1. Membangun otot kembali
Susu coklat bebas lemak lebih mampu meningkatkan sintesis protein otot rangka, yang berarti merupakan suatu tanda bahwa otot lebih mampu memperbaiki dan membangun kembali, dibanding minuman karbohidrat penambah energi dengan jumlah kalori yang sama.

2. Mengisi ‘bahan bakar’ otot yang habis
Studi menunjukkan bahwa susu coklat memiliki campuran karbohidrat dan protein untuk membantu otot mengisi ‘bahan bakar’ yang habis, yaitu glikogen. Hal ini penting untuk memulihkan stamina dan otot. Protein dalam susu coklat bebas lemak juga membantu membangun otot tanpa lemak.

3. Mengurangi kerusakan otot
Atlet berisiko mengalami kerusakan otot setelah latihan dan melakukan aktivitas berat. Peneliti menemukan bahwa minum susu coklat bebas lemak setelah latihan dapat membantu mengurangi kerusakan otot tersebut.

4. Menggantikan cairan tubuh yang hilang
Susu coklat juga memberikan cairan rehidrasi dan elektrolit dalam tubuh, seperti potasium, kalsium dan magnesium yang hilang dalam keringat. Kedua cairan ini sangat diperlukan dalam rangka menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan dapat menggantikan tenaga yang hilang setelah aktivitas berat.
(sumber:http://www.kesmas.com/manfaat-susu-coklat-bagi-kesehatan-tubuh-05.html)

Nah, percaya kan guys kalo susu coklat tuh bukan sekedar minuman hangat pada saat cuaca dingin aja. Ternyata lebih dari itu! Kita bisa menikmati banyak manfaat dari susu coklat. So, apa lagi? Ayo rajin-rajin minum susu coklat yaaa (inget, yang rendah lemak loh). Salam hangat pecinta susu coklat!


3 comments: