Tuesday, March 22, 2011

Homesick Part II: Bang Thoyib Wanna Be

taken by: my eldest sista (Ardiaz Fitra) loc. Pantai Rebo
Oke, ini postingan dibikin bukan karna gue nyerah, ga mensyukuri nikmat, atau pengen kabur pulang ke NewYork Bangka yah. Tapi buat menyalurkan rasa kangen gue aja. Beda ga sih? Ya beda lah. Perasaan itu ga bisa lo manipulasi, tapi lo juga ga boleh terlalu terlena sama perasaan lo, karna umat manusia itu punya logika. Naaaaah, kali ini bukan logika gue yang bekerja, tapi perasaan gue <--- Gue juga pusing apa maksudnya.

Iya, gue udah bikin postingan tentang seberapa kangennya gue sama kampung halaman gue sebelumnya. Tapi, apa yang gue rasain kali ini lebih hebat. Kenapa? Karna ini bakal setahun gue ga menginjakkan kaki gue di Serumpun Sebalai, ketemu sama orang-orang Melayu yang sibuk di tengah-tengah kebisingan, meratiin orang-orang Khek yang lagi sibuk beribadah di Klenteng. Setahun mungkin belum lama yah, tapi tetep aja rindunya ga bisa disembunyiin.

Apa yah yang bikin gue kangen?
Hmm... engga tau.
Kok ga tau sih Yin?
Ga ngerti juga, rasanya rinduuu aja, tapi ga pengen lekas pulang. Gini, simpelnya perasaan gue tuh bilang kalo gue tuh rindu sejadi-jadinya... Sedangkan logika gue, buat apa sih gue pulang? Gue nih masih nothing, masih banyak yang harus gue perjuangin di sini.
Hmmm...
Ngerti ga lo?
Ngerti dooong, lo kan gue juga, gue kan lo juga =)
-____-" Yah beginilah dialog antara dua batin yang sama, ga jelas gimana gitu.
 
Temen-temen gue bilang gue sombong karna ga mau pulang. Kenapa sih? Di samping gue cantik ga punya duit buat pulang dan orangtua gue sering ke Bandung, gue tuh malu kali (nah gue juga bisa malu loh) belom jadi apa-apa, terus belom ada yang bisa gue banggain. Dan menurut gue, akan lebih dahsyat rasanya kalo beberapa tahun kemudian gue pulang kampung ngeliatin banyak perubahan yang bikin perasaan gue... (ga bisa gue jelasin nih gimana). Pokoknya 'WOW' banget lah.

Ini juga sebagai klarifikasi sama temen-temen gue, maaf yah bukannya ga mau ngumpul atau ikut reunian (reunian apaan kayak udah berapa puluh tahun aja =P). Kalo ditanya kangen atau engga, jujur lah gue kangen, rindu... Kalo ada kata yang melebihi dua kata itu, udah gue ketik nih!

Kadang gue sering 'ga sengaja' nyeritain semua tentang kampung halaman gue sama temen-temen kampus, ya gue tau mereka tampak ga tertarik dan pengen cepet-cepet berakhir cerita gue. Haha, gapapa. Gue masih bisa postingan di blog ini, walopun emang sedikit kemungkinan dibaca orang.

Well, gue bersyukur bisa ngerantau sekarang. Kenapa?
Saat ini lah gue hidup di zona yang ga aman sama sekali. Di saat SMA gue bisa manja sama nyokap, minta ini itu (walopun sebenernya sering ga dikabulin) tapi seenggaknya gue ngerasa aman banget kalo di rumah, tapi sekarang, gue sendirian (maksudnya bukan sendirian di Bandung yah) ngadepin berbagai sifat dan sudut pandang orang dari berbagai latar belakang. Saat gue punya masalah dan tanggung jawab yang lebih besar. Gue sadar, saat-saat inilah gue harus menikmati kesusahan demi kesusahan. Dan ga sedikit juga orang-orang yang maish stuck di daerahnya masing-masing, takut ngadepin dunia luar yang sama sekali mereka ga tau.

Nah, jadi walau akhirnya gue bakal jadi Mba'Thoyyib yang sangat cantik, gapapa lah. Asal gue nanti bisa ngerasain bayaran dari ini semua. Karena kata dosen Foundation of Literature gue:
       "You get what you've paid for, no less no more..."

n.b: Kenapa gambarnya ga nyambung? Sebenernya nyambung, soalnya gue kangen maen-maen di pantai...

No comments:

Post a Comment